Kamis, 20 November 2014

Malam Keakraban (MAKRAB) HI UNJANI 2013

      Malam keakraban yang merupakan singkatan dari MAKRAB merupakan kegiatan yang dilakukan setiap setahun sekali yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan baru, khususnya di HI UNJANI. Serangkaian kegiatan sebelum diadakannya malam keakraban yaitu dua minggu sebelum acara makrab, setiap harinya apabila ke kampus seluruh mahasiswa diharuskan memakai kemeja atasan putih dan celana bawahan hitam beserta memakai name tag yang dipasang di saku sebelah kanan kemeja.
Mengapa memakai pakaian hitam putih? Ya tidak lain supaya kakak tingkat tahu mana anak HI dan mana yang bukan dan ketika kita memakai baju yang sama, saya merasakan manfaatnya yaitu jadi bisa lebih tahu mana anak HI angkatan 2013 sehingga proses mengenal anak HI sesama angkatanpun juga semakin lebih mudah.
      Selain itu kita harus meminta tanda tangan kepada kakak tingkat kita dari 2009,2010,2011, dan 2012. Awalnya meminta tanda tangan itu susah, di tanya ini itulah tapi lama kelamaan gak terlalu susah, mungkin karena mereka kasihan liat muka polos maba kaya kita yang gak tahu apa-apa :( haha, saya dapet 97 tanda tangan dan itu menurut saya rekor banget, karena teman saya kebanyakan cuman dapet 70 kebawah tanda tangannya.
      Dan saya nyesel minta tanda tangan segitu banyaknya eh tapi gak di periksa sama sekali pas makrabnya :( Tapi ya ambil sisi positifnya aja kita jadi kenal banyak sama kakak kelas (._.)v dan kayaknya kalo gak minta tandatangan, kenal sama kakak tingkat akan lebih sulit deh :D
Makrab angkatan 2013 kali ini dilaksanakan di CIC (Ciwangun Indah camp) yang bertempat di Lembang, Bandung. Kami di bagi 10 kelompok dan nama kelompok berdasarkan nama negara yang tergabung dalam ASEAN.
Sebelum keberangkatan (narsis kelompoknya ferdi)
Sampai di lokasi (penurunan mahasiswa dan barang bawaan)
      Pembagian kelompok berdasarkan kamar, oh iya makrab kali ini kita gak menginap dan tidur di tenda, melainkan di vila, kalau di pikir-pikir makrab di vila itu rasanya memang aneh, tapi di sisi lain kita merasa beruntung soalnya gak harus sakit badan karena tidur di tenda ƪ(˘ە˘)┐ ƪ(˘ە˘)ʃ ┌(˘ە˘)ʃ
      Ketika sedang pembagian kelompok datang bis unjani yang membawa rombongan panitia MAKRAB, panitia datang belakangan.
Perjalanan menuju aula

Pengumpulan tugas dan barang bawaan
      Setelah pengumpulan barang, acara MAKRAB di buka dengan sambutan dari ketua pelaksana dan ketua himpunan, setelah itu penampilan yel-yel dari setiap kelompok, lagu atau theme song yang dibawakan tiap kelompok bervariasi dari mulai lagu cartoon, dangdut, sampai lagu pop terdengar sangat menggelikan, kenapa? karena setiap kelompok yang maju ke depan di awali dengan ke GJ-an yang membuat penonton tertawa, kalau di film itu ibarat Behind the scenenya -__-
Sesi tanya jawab ibu kota negara di dunia
       Karena sudah adzan dzuhur kami diarahkan menuju vila untuk kemudian persiapan shalat dzuhur berjamaah di masjid CIC.
      Vila untuk laki-laki dan wanita dipisahkan dan letak vila laki-laki lebih jauh dari pada wanita, sehingga dari vila laki-laki ke aula dibutuhkan waktu sekitar 5 menit.
      Acara selanjutnya yaitu pemberian materi oleh bharawana yang merupakan salah satu UKM di UNJANI.
Games di Gazebo
" Prospek Kerja HI dan Kaitannya dengan AEC 2015"
      Pemberian materi oleh Ibu (Suwarti Sari, S.IP.,M.Si) yang merupakan sekjur HI pada saat itu, beliau mengatakan kita harus siap bersaing dalam AEC 2015, meskipun di luar negeri lapangan pekerjaan semakin luas, akan tetapi di dalam negeri lapangan pekerjaan mungkin akan lebih sedikit.
Setelah pemberian materi selanjutnya sharing bersama alumni dan setelah itu tidur.
      Pada pagi harinya dilanjutkan dengan acara pemutaran film SOSJUR HI 2013.
      Pembacaan Question Of Life untuk kakak tingkat yang di pilih.
Acara terakhir yaitu penyematan kepada ketua dan wakil ketua angkatan 2013 yang terpilih, kemudian acarapun selesai dan kita berkemas untuk pulang lagi ke Unjani.
      Ternyata MAKRAB itu tidak seseram yang saya bayangkan sebelumnya, bahkan setelah makrab saya menjadi semakin akrab dengan mahasiswa HI yang lain, saya juga jadi tahu siapa saja kakak tingkat dan alumni HI unjani, disamping itu banyak pengalaman menarik yang saya dapatkan seperti pengetahuan baru tentang apa itu HI, apa saja yang ada di dalamnya dan bagaimana prospek kerja HI kedepannya. Acara ini sukses tentu saja dengan banyaknya panitia yang berperan serta dalam acara ini, untuk itu saya ucapkan Terimakasih buat para panitia HI UNJANI 2011 dan 2012 yang telah melaksanakan acara yang sangat berkesan buat kami ^.^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar