Jumat, 24 Oktober 2014

Geografi Politik "Analisis Negara Austria"

Austria merupakan sebuah Negara yang terkurung daratan di tengah-tengah eropa tengah yang Letaknya di Eropa selatan bagian tengah.  Letak astronomisnya 48oLU 16oBT Austria terletak di zona iklim sedang dengan iklim kontinentalnya terdapat 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Berbatasan langsung dengan Jerman dan Ceko di Utara, Slowakia dan Hongaria di timur, Italia di Selatan dan Swiss di barat. Austria di bagi menjadi Sembilan Negara bagian yaitu Burgenland, karintia, Austria atas, Austria bawah, Salzburg, stiria, tirol, voralberg, dan wina. Batas wilayah Austria berupa pegunungan dan sungai. Bagian barat dan selatan Austria terletak di Pegunungan Alpen menjadikannya destinasi menarik untuk olahraga musim dingin. Gunung yang tertinggi di Austria ialah Grossglockner setinggi 3.798 m dari permukaan laut dan diikuti dengan Wildspitze (3.774 m).
            Luas wilayahnya 83,855 km2 berarti Austria termasuk kategori Negara Small Size seperti swiss.  Berdasarkan luasnya ini Daratan Austria terkenal karena mempunyai deretan pegunungan Alpen. Pegunungan Alpen yang menjulang tinggi dan kakinya membentang di bagian barat, selatan, dan tengah negara itu. Di banyak daerah, lembah hijau yang luas memisahkan pegunungan ini. Austria memiliki banyak danau yang indah seperti cermin. Hutan lebat menutupi sebagian besar tanah Austria. Karena itulah negeri ini menjadikan pariwisata sebagai industri utamanya, warga Austria sangat bangga dengan kenyataan bahwa negara mereka telah lama menjadi pusat kebudayaan terkemuka Eropa dan Austria terkenal dengan music klasiknya karena di sana awal lahirnya Mozart sebagai komponis besar tingkat dunia, sehingga Lembaga-lembaga budaya keindahan pemandangan Austria menarik puluhan juta wisatawan setiap tahun.
            Di samping itu, Austria juga mempunyai lembah sungai danube di utara yang sangat subur. Dan sumber daya alam yang dihasilkannya yaitu produk hutan, bahan pangan, padi-padian, gula, kentang, bijih besi, minyak kayu, aluminium, batu bara, semen dan tembaga. Dari sumber daya alamnya ini maka sebagian besar warganya berkerja sebagai petani dan peternak. Masakan Austria banyak dipengaruhi oleh Ceko, Jerman, dan Hongaria. Hidangan Austria yang disebut Wiener schnitzel (sayatan daging sapi yang dilapisi tepung roti) telah menjadi favorit di banyak negara. Austria, khususnya Wina, memiliki sejarah panjang tentang kopi dan tradisi minum kopi. Orang Austria suka menikmati waktu ngopi sambil merokok. Kedai kopi raksasa, Starbucks, juga telah membuka toko di Wina dan menuai kesuksesan meskipun memberlakukan larangan merokok di toko-toko mereka. Transportasi di Austria merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Lalu lintasnya juga sangat tertib dengan tingkat polusi yang rendah. Fakta diatas membuat perekonomian Austria menjadi negara terkaya ke-12 di dunia berdasarkan pendapatan perkapita.
            Berdasarkan lokasinya Austria termasuk No-sea or continental location yaitu Negara yang tidak punya batas laut. Karena Austria tidak memiliki garis laut maka Bentuk wilayahnya compact (bentuk wilayah yang solid atau tidak terpisah oleh wilayah lautan atau hanya diselingi oleh wilayah Negara lain). Maka dengan lokasi ini , Austria tidak memiliki angkatan laut, hanya angkatan udara dan angkatan darat, dimana warganya yang berjenis kelamin laki-laki yang berusia antara usia 18 hingga 35 tahun harus mengikuti wajib militer di angkatan darat dan angkatan udara. Wajib militer Austria meliputi program pelatihan militer 6 bulan, diikuti pengabdian 8 tahun sebagai tentara cadangan. Menurut undang-undang, tidak ada anggota militer yang boleh ditempatkan di luar negeri untuk operasi militer. Sistem pertahanan udara Austria disebut Goldhaube. Sejak tahun 1988, pos-pos radar stasioner dan teknologi radar canggih telah bekerja untuk memantau wilayah udara Austria. Pesawat ditugaskan untuk memberi peringatan langsung pada pesawat asing yang mendekati perbatasan.
Austria merupakan Negara Netral dan satu-satunya Negara di eropa yang tidak beranggota NATO, meskipun demikian Austria tidak menutup hubungan dengan Negara lain, bahkan Pada tahun 1995, Austria bergabung dengan Uni Eropa (UE), sebuah organisasi negara-negara Eropa yang melakukan kerjasama dalam bidang ekonomi dan politik di antara para anggotanya.
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Austria (di akses pada 25 Oktober 2014)
http://kembangpete.com/2014/05/23/bagaimanakah-kehidupan-orang-orang-di-austria/ (di akses pada 21 oktober 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar