Selasa, 28 Oktober 2014

Soal dan Jawaban Kisi-kisi UTS Ekonomi Politik Global

KISI-KISI UTS EKONOMI POLITIK GLOBAL
1.      Jelaskan definisi ekonomi politik global ?
Ekonomi politik global (EPG) adalah interaksi antara faktor-faktor politik dan factor-faktor ekonomi pada tingkat internasional yang mempengaruhi pola hubungan antar negara  di dunia. Dengan semakin kompleksnya hubungan antar bangsa, EPG muncul sebagai upaya  untuk memperkaya pendekatan dan perspektif dalam kajian studi hubungan internasional.
2.      Jelaskan bagaimana anda mendefinisikan hubungan antara ekonomi dan politik dalam ruang global dilihat pada perspektif tension dan supportive relations ?
Awalnya interaksi antara negara (politik) dan pasar (ekonomi) itu mempunyai orientasi yang berbeda, dimana negara ingin mengejar kekuasaan dan pasar mengejar kekayaan.

Perspektif tension      (ketegangan antara states dan markets ) :
Negara : Berusaha untuk meningkatkan powernya
Markets : Berusaha mengurangi power negara
Suportive relations (hubungan dukungan antara markets dan states)  :
Negara : menciptakan kondisi pasar misalnya melindungi properti pribadi, membuat perjanjian perdagangan
Kekayaan : Penting untuk kekuatan militer misalnya negara Cina
Dengan kata lain, ekonomi politik adalah tentang:
peran negara berkaitan dengan ekonomi,
interaksi antara proses politik dan ekonomi,
distribusi kekuasaan sosial berdasarkan properti dan kekayaan
Ekonomi global politik, atau ekonomi politik internasional - sama, diterapkan ke seluruh dunia
3.      Sebutkan dan jelaskan 4 hal tentang bagaimana politik mempengaruhi ekonomi ?
cara faktor politik mempengaruhi ekonomi (Spero, dalam Perwita,2011:76)
§  Struktur dan operasi sistem ekonomi Internasional dipengaruhi oleh struktur dan operasi politik internasional.
§  Kepedulian-kepedulian politik selalu mempengaruhi kebijakan ekonomi.
§  Kebijakan ekonomi dituntun oleh kepentingan politik
§  Hubungan dalam ekonomi internasional adalah hubungan politik interaksi ekonomi internasional, dan hubungan politik adalah proses dimana negara-negara dan aktor non negara mengatur konflik dan kerjasama untuk mencapai tujuan.
4.      Jelaskan actor-aktor yang saat ini sangat dominan turut mempengaruhi perkembangan ekonomi politik global disamping actor negara ?
Aktor non negara : Aktor non-state seprti NGO, IGO, pelaku ekonomi lainnya (MNCs/TNCs/personal), memiliki kemampuan untuk mempengaruhi bahkan mengubah kepentingan negara bahkan pasar
Perusahaan transnasional :
·        TNC seringkali bukan hanya menjadi aktor eknomi tetapi juga menjadi aktor politik yang mampu mempengaruhi kebijakan politik suatu negara. Contoh : Secara langsung  perusahaan transnasional meminta pemerintahnya untuk memberikan tekanan kepada pemerintah asing
Kelompok Non-Legitimasi
Kelompok ini diasosiasikan sebagai kelompok yang melakukan tindakan kriminal yang bersifat mendunia., Kelompok pelaku perdagangan senjata narkoba dan pembajakan, Perilaku mereka tidak hanya berdampak politik tetapi juga berpengaruh terhadap aspek ekonomi.
NGO dan OI
NGO sebagai kekuatan sosial politik yang mampu mempengaruhi agenda politik dan ekonomi yang berkembang dalam masyarakat internasional. Melalui kekuatan komunikasi isu-isu global menyebar keseluruh penjuru dunia dan mempangaruhi kebijakan ekonomi politik.
5.      Jelaskan perkembangan dari pendekatan merkantilisme ?
Istilah merkantilisme berasal dari kata “merchant”  yaitu kaum saudagar atau pedagang. Perkembangan pendekatan merkantilisme di mulai Pada abad ke-14 di Prancis (eropa) terjadi revolusi yang mengakibatkan transisi kekuasaan dari raja dan gereja kepada para pedagang., sehingga dominasi raja dan gereja digantikan oleh kekuasaan kaum pedagang.
      Kaum Merkantilisme menghendaki adanya campur tangan negara dalam perekonomian,yang tujuannya untuk menjamin kegiatan ekonomi
      Memandang bahwa elit-elit politik sebagai aktor utama dalam pembangunan.
      Ekonomi sebagai instrumen politik untuk mengejar kekuasaan.
      Tujuan pembangunan ekonomi adalah untuk mencapai kejayaan negara.
      Ekonomi global sebagai arena konflik dibandingkan dengan kerjasama yang menguntungkan.(zero sum game)
      Keuntungan ekonomi harus dirahkan untuk peningkatan kekuatan militer guna menghadapi ancaman negara lain.
Intinya : Ekonomi dan Politik saling melengkapi. Kekayaan + Power = Negara Kuat
6.      Jelaskan 4 asumsi dasar dari kelompok merkantilisme ?
      Hubungan antara ekonomi dan politiknya yaitu ekonomi yang menentukan
      Aktor utama/ unit analisisnya yaitu negara
      Sifat hubungan ekonominya yaitu konfliktual, zero sum game
      Tujuan ekonominya untuk kekuatan negara
7.      Jelaskan mengapa kaum merkantilisme dapat bekerjasama dengan Negara dalam urusan ekonomi ?
      Merkantilisme bahwa dalam hubungan ekonomi internasional harus dikuasai/diatur oleh negara-negara, sebab kegiatan ekonomi adalah merupakan kelanjutan dari perjuangan kepentingan nasional. Kaum Merkantilisme menghendaki adanya campur tangan negara dalam perekonomian,yang tujuannya untuk menjamin kegiatan ekonomi.
      Intinya kaum saudagar menginginkan intervensi negara sehingga adanya pengamanan oleh negara dimana masyarakat akan merasa aman dan terlindungi yang tujuannya agar proses ekonomi stabil dan aman
8.      Jelaskan apa yang menjadi tujuan utama yang ingin dicapai oleh kaum merkantilisme melalui kegiatan ekonomi yang dilakukannya ? Tujuannya dalam pembangunan ekonomi adalah untuk mencapai kejayaan yang merata untuk seluruh masyarakat di negara itu.
9.      Jelaskan asumsi pemikiran liberalism klasik menurut Adam Smith ?
Awalnya ia berpendapat bahwa kekayaan adalah kemakmuran dalam arti sempit. Adam smith berasumsi bahwa tiap pelaku ekonomi (baik konsumen maupun produsen) haruslah diberi kebebasan untuk mengejar kepentingannya masing-masing. Konsumen diberi kebebasan memilik kombinasi konsumsi dari berbagai macam barang dan jasa yang memberikan kepuasan sebesar-besarnya (utility maximation) sesuai selera dan kempuan yang dimiliki. Begitu juga produsen diberi kebebasan untuk memilih input dan teknologi untuk digunakan dalam proses produksi menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa yang paling menguntungkan (profit maximization).
10.  Jelaskan mengapa liberalism menolak campur tangan negara dalam kegiatan ekonomi ?
Karena pada umumnya Negara adalah alat kaum kaya untuk menekan kelompok masyarakat miskin melalui para politisi busuk. Sehingga Liberalisme, mengharamkan campur tangan pemerintah dalam ekonomi, karena hanya akan mengganggu keseimbangan pasar seperti inefisiensi. Maka perekonomian harus terbebas dari intervensi negara, kalaupun jika negara harus terlibat maka seminimal mungkin hanya berperan mendorong pembentukan kerjasama-kerjasama ekonomi.
11.  Jelaskan apa tugas Negara menurut kelompok liberalism ?
      Tugas pemerintah adalah :
1) melindungi masyarakat dari kekerasan dan serbuan negara lain.
 2) melindungi warganegara dari ketidakadilan dan pemaksaan yang dilakukan warga lain.
3) mengadakan serta mempertahankan prasarana publik dan berbagai lembaga publik.
      Hal lain intervensi pemerintah hanya boleh pada batasan menetapkan aturan-aturan umum perdagangan bebas demi yang lebih fundamental pertahanan dan surival
12.  Jelaskan 5 pemikiran pokok dari Adam Smith ?
5 pokok pemikiran Adam Smith (pandangan liberalisme klasik) yaitu :  kekayaan (wealth) pembagian kerja (division og labor), sifat manusia (nature of men), mekanisme pasar (market mechanism), dan paham kebebasan (liberalisme).
Pandangan Kekayaan
      Adam Smith, kekayaan adalah kemakmuran.
      Kekayaan lahir dari suatu proses produksi yang melibatkan SDM, SDA dan Modal. Sedangkan pendistribusian kekayaan berhubungan dengan keinginan dan tata nilai (proses politik : siapa mendapat apa, kapan dan bagaimana).
      Proses penditribusian inilah yang menurut Adam Smith menimbulkan ketidakadilan terhadap kaum pekerja karena kolaborasi penguasa dan penguasa.
Teori Pembagian Kerja
      Dalam mencapai kemakmuran menurut Adam Smith harus ada pembagian kerja yang akan menjamin hasil produksi baik secara kualitas maupun harga. Dalam hubungan antar negara harus ada pembagian kerja yang akan menciptakan interdependensi dan harmoni.
Sifat Dasar Manusia
      Sifat dasar manusia menurut Adam Smith adalah ingin hidup lebih baik. Hasrat ini telah ada sejak manusia di dalam rahim.
      Manusia juga adalah mahluk rasional yang akan memilih apa yang menurut dirinya baik dari yang tersedia : utility maximizer dan frofit maximaizer. Sehingga manusia disebut sebagai homo economicus.
      Kesimpulanya sifat dasar manusia yang selalu mengedepankan kepentingannya bukan menjadi suatu masalah,justru memotivasi terbetuknya interdependensi.
      Inilah yang disebut oleh Adam Smith sebagai “kehebatan pasar”
Mekanisme Pasar
      Pasar adalah merupakan suatu kekuatan, yang berkerja secara misterius (invisible hand).
      Pasar akan mendoong perekonomian pada keseimbangan yang efisien dan memberikan hasil optimum, menghilangkan diskrimasi ras dan etnik, sebab konsumen hanya akan membeli dari siapa saja yang menawar barang dengan harga lebih rendah dan mutu lebih baik , bukan karena latar belakang ras, etnik dan agama si penjual.
      Dalam pasar selalu ada persaingan sempurna, karena pasar selalu self regulating dan self correcting menuju pada suatu keseimbangan, tanpa perlu intervensi negara karena ada tangan-tangan tak kentara.
Paham Liberalisme (Kebebasan)
      Liberalisme adalah paham yang membela kebebasan bagi setiap orang maupun negara dengan seminimal mungkin campur tangan negara.
      Kebebasan bagi manusia untuk melakukan pengejaran terhadap kepentingannya tidak boleh diintervensi oleh negara.
      Kebebasan akan mendorong produktivitas optimum dari setiap orang, yang pada akhirnya akan menghindarkan orang tersebut dari kebodohan dan negara dari kemiskinan.
Peminggiran Pemerintah
      Liberalisme, mengharamkan campur tangan pemerintah dalam ekonomi, karena hanya akan mengganggu keseimbangan pasar seperti inefisiensi.
      Pemerintah adalah alat kaum kaya untuk menekan kelompok masyarakat miskin melalui para politisi busuk.

13.  Jelaskan 4 asumsi dasar liberalism ?
      Hubungan antara ekonomi dan politiknya yaitu ekonomi otonom
      Aktor utama/ unit analisisnya yaitu individu dan perusahaan swasta
      Sifat hubungan ekonominya yaitu kerjasama, positive sum game
      Tujuan ekonominya untuk kesejahteraan individu dan sosial yang maksimal
14.  Jelaskan apa kecaman Karl Marx terhadap pemikiran liberalism ?
Karl Marx sangat benci dgn sistem pereko-nomian liberal yg digagas oleh Adam Smith, karena dari segi moral Marx melihat bahwa sistem kapitalis/liberalism mewarisi ketidakadilan dari dalam. Hal itu karena sistem liberal tersebut tidak perduli tentang masalah kepincangan dan kesenjangan sosial. Dari segi Sosiologi, Marx melihat adanya sumber konflik antar kelas, yaitu para pemilik modal yang menguasai kapital yang kaya raya dilain pihak ada sekelompok orang Lainnya yaitu kaum buruh sebagai kelas proletar yang sangat  miskin menduduki posisi kelas bawah.

15.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan Teori pertentangan kelas menurut  Karl marx
Teori Marx tentang pertentangan kelas ditulis dalam buku Manifesto Komunis. Menyatakan bahwa Dizaman kuno ada kaum bangsawan yang bebas dan budak yang terikat. Dizaman pertengahan ada tuan tanah sebagai pemilik dan hamba sahaya yang menggarap tanah bukan kepunyaannya. Dizaman modern ada majikan yang memiliki alat-alat produksi dan buruh yang hanya punya tenaga kerja untuk dijual kepada majikan.Ada masyarakat kelas kaya (the haves) dan kelas masyarakat tak berpunya (the haves not).
16.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan teori surplus value dan penindasan buruh Karle Marx ?
      Kelebihan nilai produktivitas kerja buruh atas upah alami disebut nilai lebih (surplus value), dinikmati oleh para pemilik modal. Semakin kecil upah alami yang dibayarkan pada kaum buruh, semakin besar nilai surplus yang dinikmati pemilik modal. Berarti semakin besar pengisapan atau eksploitasi dari pemilik modal  atas kaum buruh. Hal ini ditulis Marx dalam Das Kapital.
      Sebagian dari laba yang merupakan surplus value tersebut ditanamkan kembali sebagai investasi, apakah untuk memperluas usaha yang ada atau membuka lapangan usaha baru. Dari hasil investasi ini kekayaan mereka akan semakin menumpuk, semakin lama semakin besar.
17.  Jelaskan 4 asumsi dasar dari pemikiran Ibdnu Khaldun dalam perspektif Ekonomi menurut Islam ?
sifat manusia dalam islam yaitu mementingkan diri sendiri dan  kepentingan orang lain
materialisme dalam islam yaitu benda sebagai kebutuhan sekunder untuk perkembangan spritual manusia
kepemilikan dalam islam hak mutlak milik allah , manusia berhak  memanfaatkan segala hal dengan  cara halal, membatasi untuk memanfaatkan sumber daya alam ( bertanggungjawab kepada allah )
universalisme dalam islam yaitu umat manusia dan bangsa diciptakan untuk kepentingan  manusia sendiri >> bekerjasama saling menguntungkan

18.  Jelaskan bagaimana kondisi ketergantungan antara Negara maju dan Negara berkembang ?
19.  Kondisi ketergantungan negara maju dan berkembang bisa dilihat dari bentuk ketergantungannya sendiri yaitu ketergantungan colonial (Terjadi penjajahan dari negara maju ke negara berkembang) ketergantungan finansial-industrial dan ketergantungan teknologis-industrial (Theotonio dos santos). Contoh ketergantungannya dilihat dari ketergantungan finansial-industrial : Dalam pelaksanaannya negara berkembang memiliki peran  menyediakan hasil pertanian bagi industri negara maju. Perlu diketahui bahwa peran  tersebut dapat direalisasikan apabila mendapat bantuan keuangan dari negara maju, sehingga negara berkembang semakin bergantung terhadap negara maju. Misalnya Indonesia yang tergantung pada sektor primer atau pertanian dengan modal dari negara maju melalui IMF atau lainnya, cenderung memasok hasil-hasil pertaniannya kepada negara-negara industri atau negara maju itu sendiri. Ironisnya, negara maju yang mendapat pasokan hasil pertanian justru menjual kembali dengan harga tinggi kepada negara berkembang setelah hasil pertanian tersebut diolah. Hal ini mengakibatkan angka konsumsi dari negara berkembang semakin tinggi sementara angka pemasukan dari negara berkembang lebih rendah. Kondisi ini membuat negara berkembang semakin terbelakang dalam hal perekonomian sehingga mereka akan cenderung meminjam uang dari negara maju untuk menyeimbangkan neraca anggaran mereka.
20.  Jelaskan ciri-ciri Negara maju dan Negara berkembang ?
Negara Maju :
      Negara-negara di dunia yang:
§  Standar hidup relatif tinggi
§  Sektor industri mendominasi perekonomian negara
§  Skor Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) berada pada tingkat atas
§  Pendapatan perkapita tinggi
Negara Berkembang :
      Negara-negara di dunia yang:
§  Standar hidup relatif rendah
§  Sektor industri yang kurang berkembang
§  Skor Indeks Pembangunan Manusia atau Human Development Index (HDI) berada pada tingkat menengah ke bawah
§  Rendahnya pendapatan perkapita
21.  Jelaskan masalah-masalah yang dihadapi Negara berkembang ?
·        Kemiskinan
·        Produktivitas yang rendah
·        Pertumbuhan penduduk yang berlebihan
·        Pengangguran
·        Ketergantungan ekspor pada produk primer
·        Rapuhnya negara-negara berkembang di pentas internasional
22.  Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan ketimpangan pembangunan antara Negara maju dan Negara berkembang, analisa anda harus menggunakan salah satu teori tentang pembangunan ?
Menurut Raul Prebisch ketimpangan yang terjadi bisa dikarenakan :
  • Ada pembagian negara-negara dibagi atas negara maju (industri) dan terbelakang (pertanian), yang saling berdagang.
      Ada negara “pusat” dan negara “pinggiran”.
      Ada hubungan pusat dan pinggiran tak seimbang, tidak saling menguntungkan à ekploitasi.
Disini dapat dilihat bahwa adanya ketimpangan antara negara berkembang atau di sebut negara pinggiran dan negara berkembang atau disebut negara pusat dimana negara-negara maju merasa bahwa dirinya sudah kuat dan mampu dalam segala bidang sehingga menguasai dunia dan pembangunan dinegaranya akan semakin lebih baki, sedangkan negara berkembang sebagai negara yang berkembang hanya akan menjadi negara terbelakang yang dalam proses pembangunannya bergantung pada negara maju.
23.  Jelaskan langkah-langkah kebijakan apa yang harus diambil oleh Negara berkembang untuk meningkatkan kondisi pembangunannya ?
Frank dan baran menyarankan untuk :Negara berkembang harus Melakukan indutrialisasi sendiri,  Tidak mengimpor teknologi,  Meninjau hutang dan perdagangan Dengan  negara pusat contoh ada gerakan selatan-selatan, perdagangan regional, dan lain-lain
Atau bisa juga dengan melakukan strategi kebijakan yaitu :
  • Harmonisasi ekonomi dan politik
  • Tim ekonomi yang kompeten/profesional
  • Penataan mainstream ekonomi
  • Stabilitas ekonomi
  • Reformasi hukum dan birokrasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar